Dalam program sosialisasi Mandiri Young Teknopreneur di ITB, Founder PicMix, Calvin Kizana menyatakan semua start up apapun bentuknya itu berasal dari sebuah masalah atau problem yang sedang dihadapi oleh kebanyakan orang. “Pada awalnya, PicMix melakukan sebuah riset kepada anak-anak muda dengan pertanyaan apakah senang berfoto atau difoto? Dan 90% jawabaannya senang difoto maupun berfoto,” terangnya.

Maka dari itu, Calvin bersama tim-nya membuat sebuah aplikasi yang saat ini sudah digunakan di seluruh dunia yang total penggunanya PicMix saat ini mencapai 32juta. Calvin memberikan saran untuk para calon teknopreneur muda,“Jangan takut menuangkan ide baru dan jika itu sebuah tim harus punya komitment. Dikarenakan ini start up ya, harus siap berdarah-darah harus siap jangan mengharapkan revenue yang tinggi.”

Ia juga menyatakan, banyak aplikasi Indonesia yang mendunia karena sekarang sudah lebih mudah dalam masalah pendistribusian dengan hadirnya App Store, Google Play, dan Blackberry World. Pada acara tersebut, salah satu peserta yang enggan menyebutkan namanya, memberikan tanggapan tentang sosialisasi MYT ini, “Program ini merupakan acara yang sangat menarik dan tentunya sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin membuat usaha baru (start up),” katanya.

Peserta juga menyatakan apresiasinya untuk mengikuti program MYT tersebut dan idenya sedang dalam proses pengembangan untuk didaftarkan di MYT 2014. Calvin memberikan tips untuk para peserta,“Gantungkan cita-citamu setinggi langit yang menurutnya itu kurang tepay karena banyak orang yang sudah berjalan dibulan, kalau bisa cita-cita itu setinggi-tingginya dan jangan takut gagal karena kita bisa belajar dari kesalahan tersebut,” tutupnya. (Agung)