Teknopreneur.com – Teknologi yang semakin maju membuat banyak perubahan bagi kehidupan manusia tak terkecuali dalam sistem pembayaran. Dulu transaksi pembayaran menggunakan sistem barter, kemudian berubah saat uang ditemukan. Ketika pohon mengalami kelangkaan dan go green mulai digencarkan. Kebijakan mencetak uang dalam jumlah besar pun dihentikan dan digantikan dengan uang elektronik. 

Dan kini para perusahaan mulai merambah sebagai  penyedia layanan elektronik salah satunya platform hiburan sosial Migme  yang kini bermitra dengan DOKU, sebuah perusahaan penyedia layanan pembayaran elektronik di Indonesia untuk memberikan pilihan pembayaran dan channel point-of-sale yang lebih beragam bagi para pengguna migme di Asia tenggara. 

Migme memiliki sistem kredit yang memungkinkan pengguna untuk semakin memperdalam tingkat interaksi mereka dengan layanan migme, melalui pemanfaatan kredit untuk membeli barang virtual premium, termasuk diantaranya hadiah virtual, pernak pernik avatar, paket stiker, dan juga games premium. Pengguna dapat membeli kredit ini secara langsung dari migme atau melalui agen (merchant) migme.

Secara korporat, migme telah terdaftar sebagai merchant enterprise DOKU, dimana baik migme maupun para agen bisa menerima pembayaran dengan pilihan metode pembayaran yang lebih luas, sehingga dapat mengatasi kesulitan pembayaran yang kerap terjadi karena keterbatasan pilihan pembayaran. DOKU adalah penyedia layanan pembayaran elektronik terbesar dan terdepan di Indonesia  yang kini sudah memiliki portfolio merchant lebih dari 2.000. 

Chief Executive Officer (CEO) migme, Steven Goh mengatakan, “Kami sangat senang bisa menambahkan ragam layanan pembayaran DOKU ke dalam migme. Dengan menggunakan DOKU, kini pengguna migme di Indonesia memiliki pilihan pembayaran seperti internet banking, transfer ATM (semua jaringan ATM di Indonesia: termasuk ATM Bersama, Prima, dan Alto), mini market (lebih dari 9.000 gerai Alfa grup) dan menggunakan DOKU Wallet, yang saat ini tercatat memiliki pengguna aktif sekitar 90.000.”

Chief Executive Officer (CEO) DOKU, Thong Sennelius mengatakan. “Kami menyambut baik kehadiran migme sebagai mitra kami dan berharap dapat terus menambahkan pilihan pembayaran lainnya dalam bisnisnya, sejalan dengan upaya kami untuk memperluas jangkauan layanan pembayaran DOKU di Indonesia. Ke depannya, kami berharap dapat menyediakan pilihan pembayaran yang lebih beragam lagi, aman, mudah dan nyaman untuk pengguna migme”.

Kerjasama dengan DOKU layaknya diumpamakan seperti membangun fondasi untuk sistem pembayaran yang akan bermanfaat untuk mendorong upaya pertumbuhan migme di pasar Indonesia, negara dengan jumlah pelanggan ponsel lebih dari 200 juta orang. 

Kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kemitraan migme bersama Smartfren yang baru-baru ini terlaksana, dimana aplikasi migme telah di pra-unduh secara masal ke dalam 700.000 handset Andromax C3 pada bulan September dan juga kemitraan migme bersama Universal Music Indonesia, yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan tingkat interaksi pengguna serta peluang untuk meningkatkan konversi penjualan, melalui penyediaan akses ke dalam portfolio artis dan konten hiburan.