Teknopreneur.com – Berdasarkan riset Gartner, dalam Magic Quadrant for Data Integration Tools pada semester ke-2 2014, menempatkan SAS sebagai leader. Posisi ini diperoleh berdasarkan kelengkapan dan kemampuan SAS dalam implementasi.

Dalam riset Gartner tersebut,“Integrasi data mencakup practices, teknik arsitektur dan alat untuk secara konsisten mengakses serta mengirimkan data ke seluruh spektrum data untuk segala jenis struktur data dalam suatu perusahaan. Hal tersebut, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi  data semua aplikasi dan proses bisnis.”

Dengan berkembangnya lingkungan big data, membuat perusahaan harus memperoleh kemudahan dalam mengakses sumber data yang kian berkembang. Global Product Marketing Manager for Data Management SAS, Matthew Magne menyatakan,“Pengintegrasian berbagai jenis data baik itu secara fisik maupun dalam bentuk virtual dalam jumlah yang besar, dengan menggunakan data federasi dan teknologi streaming.”

Ia menambahkan, SAS juga telah bekerja untuk dapat meningkatkan kemampuan sehingga dapat mengakses dan menganalisa data secara simple.“Sekaligus untuk meningkatkan bisnis mereka dengan kemampuan manajemen big data yang dapat dilakukan sendiri oleh para pelanggan kami,” ucap Magne.

Manajemen data SAS mampu menigkatkan proses integrasi mencapai 66%, sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja untuk memudahkan dan mempercepat akses data. Dengan interface yang mudah dimengerti menjadikan pengguna bisnis dapat dipercayakan dalam mengolah data, serta memberikan control yang lebih besar sehingga meringankan tugas para IT.

Gartner menyatakan mengenai magic quadrant ini, berdasarkan opini organisasi penelitian Gartner dan tidak harus dikonstruksikan sebagai peryataan fakta. Integrasi data SAS, telah diimplementasikan di lebih dari 14.000 organisasi di seluruh dunia.

Matthew Magne menyatakan,“Platform terpadu ini dibangun berdasarkan pada kualitas data (data quality) untuk mengefisienkan pengalaman pengguna (user experience) dan memastikan akses data yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.”