Teknopreneur.com- Ada banyak tugas yang dimiliki perbankan untuk tetap eksis di bidangnya. Seperti menyeimbangkan saldo kas, dan laporan pengelolaan. Tak hanya itu, ada hal penting lainnya yaitu kemampuan untuk mengurangi biaya secara keseluruhan sambil meningkatkan ketersediaan.

Menghadapi permasalahan itu, NCR Corporation punya solusinya. Pemimpin global dalam teknologi transaksi konsumen ini memamerkan rangkaian APTRA Cash Management  Solutions inovatif miliknya pada ICCOS Asia 2014. NCR memperkenalkan sebuah rangkaian piranti lunak yang bertujuan untuk memudahkan bank di seluruh Asia Tenggara dalam mengoptimalkan saldo kas di kantor cabang serta pada jaringan-jaringan ATM mereka.

Dengan pendekatan tiga-rangkap (three-tiered approach) yang mencakup keahlian prediksi, optimisasi dan otomasi ini, dapat membantu institusi keuangan untuk mengelola saldo kas dan optimisasi dengan akurat. Hal ini dimungkinkan melalui cara menempatkan jumlah uang tunai yang tepat dengan nilai yang tepat, pada saat dan tempat yang tepat pula dan dengan biaya serendah mungkin—sesuatu yang telah berhasil disempurnakan NCR selama lebih dari dua puluh tahun.

Dalam acara ini, NCR memperkenalkan serangkaian aplikasi software terdepan seperti APTRA OptiCash yang mampu memprediksi permintaan akan mata uang tertentu setelah menganalisa data pada cash point tertentu. Analisa ini dilakukan di seluruh spektrum dari infrastruktur bank, termasuk data mengenai permintaan sebelumnya, saat hari libur, perayaan lokal maupun nasional, serta suku bunga terkini dengan laporan real-time kepada manajer bank. 

Rangkaian solusi pengelolaan kas milik NCR ini tersedia baik untuk lisensi perusahaan (in-house) maupun sebagai SaaS (Software as a Service) atau melalui perjanjian jasa terkelola untuk lebih memudahkan bank dalam menghemat biaya.

Bo H Holmgreen, Vice President and General Manager, NCR Cash Solutions mengatakan pihaknya sangat mengerti bagaimana lembaga keuangan kini semakin melangkah maju untuk melayani nasabah yang hanya memiliki waktu terbatas. Sehingga sangat penting bagi bank untuk mengelola rantai pasokan kas mereka dengan tepat untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi bisnis, serta memastikan persediaan ATM setiap saat.

Kepercayaan akan inovasi buatan NCR disampaikan oleh Murat Tacer, ATM and Telephone Banking Senior Manager Turkish Economic Bank. Ia mengatakan pihaknya bermitra dengan NCR yang telah mengelola lebih dari puluhan ribu cash point untuk bank-bank di seluruh Asia Tenggara untuk menghadirkan solusi yang memudahkan bank-bank melebarkan sayap operasional perbankan ritel serta mengembangkan kapasitasnya secara efektif dengan biaya rendah.

“Teknologi APTRA OptiCash mengotomasi proses perencanaan dan pemesanan uang tunai. Membantu kami menyeimbangkan biaya penyediaan, transportasi serta pengolahan yang semakin kompetitif, serta melakukan strategi pengisian kas (replenishment) seefektif mungkin dan tetap memastikan persediaan uang tunai untuk memenuhi permintaan nasabah kami,” lanjut Tacer.

Ya, pemusatan pengelolaan kas seringkali menjadi prioritas utama bagi lembaga keuangan di seluruh dunia. Dan NCR APTRA OptiNet berhasil menyediakan front end berbasis web pada APTRA OptiCash, memberikan akses penuh terhadap sistem OptiCash kepada pengguna yang tidak tersambung secara langsung kepada bank atau jaringan operator ATM. Sistem ini bekerja berdampingan dengan APTRA OptiCash untuk menyediakan para pengguna akses dari jarak jauh guna memprediksi, memberikan akses terhadap data dan juga perlangkapan historis untuk pemesanan uang tunai cabang yang ter-otomasi. Sistem ini mampu menunjukkan penyimpanan dan kebutuhan ATM kepada masing-masing cabang dan menyediakan informasi ini dalam interface grafis yang mudah dimengerti.