Mencari Waktu yang Tepat Kembangkan Bisnis. Kapan?

43

Rasanya setiap pemilik bisnis ingin mengembangkan usahanya. Bukan sekadar jago kandang, melainkan ingin mendunia. Untuk mencapai itu, diperlukan strategi yang mampu menyelesaikan semua proses bisnis termasuk tahap scaling dengan optimal.

Stefan Jung, salah satu tim dari Monks Venture menjelaskan secara detail dalam acara Global Mentoring Startup Indigo Incubator dengan tema “Global Business Scaling experience sharing” di Bandung Digital Valley, Bandung, (Selasa, 28/9). Selain Stefan, hadir juga Ong Peng Tsin, Kuo-Yi PhD, dan Christian Sutardi yang juga merupakan Global Mentor Indigo Incubator 2014 yang akan mengisi sesi mentoring kepada startup Indigo Incubator 2014 bulan Oktober ini.

Dirinya menjelaskan bahwa untuk mengembangkan perusahaan harus melihat beberapa waktu yang tepat disesuaikan dengan kesiapan perusahaan. Lalu kapan?

“Saat break event point sudah didapatkan dan mendapatkan revenue, dan profit yang menguntungkan serta beberapa hal yang perlu diperhatikan,” katanya.

Meskipun begitu, bukan berarti membesarkan perusahaan hanya sekadar itu saja. Jika waktu yang tepat itu sudah datang, kata Stefan, yang harus disiapkan adalah bangun team yang mampu betul betul membesarkan perusahaan.
“Kemudian, bersiap untuk menghadapi kesulitan saat membangun budaya perusahaan yang ingin tumbuh. Itu tantangan selanjutnya,” kata dia.

Setelah itu terlampaui, bangunlah budaya perusahaan yang sehat dan kembangkan terus kapasitas dan potensi pada diri founder. “Saya rasa proses ini dialami oleh semua startup termasuk Facebook,” tutupnya.