Beberapa waktu yang lalu, IndonesianCloud dan Duatech Global menjalin Kemitraan untuk solusi aplikasi pemantau energi PC berbasis cloud greentrac. Solusi ini diklaim sebagai aplikasi solusi cloud terbaik untuk pemantauan energi multi armada PC pada perusahaan. Penerapan aplikasi ini memang telah menjadi tren di dunia. Hal ini dikemukakan oleh CEO IndonesianCloud, Neil Cresswell. “Teknologi ini dinamakan smart energy management solution. Penerapannya pun sudah cukup lama di luar negeri seiring dengan kampanye Green IT yang memang sudah dulu dilakukan oleh berbagai negara terutama negara maju,” ujarnya saat dihubungi teknopreneur.com.

Melihat dari kencangnya penggunaan aplikasi tersebut, baru di 2014 ini kedua perusahaan itu melakukan kerjasama. Cresswell mengakui sebelum bekerjasama, energi yang digunakan tidak efisien sehingga akhirnya menimbulkan keborosan. “Jadi pada dasarnya penerapan teknologi dari Greentrac ini akan mengurangi secara signifikan emisi karbon dan menghemat biaya energi seperti tarif listrik yang selama ini menyebabkan implikasi biaya paling besar pada perusahaan atau organisasi manapun,” terangnya.
Energi memang merupakan komponen penting dalam kegiatan perusahaan dan merupakan salah satu yang menyebabkan implikasi biaya paling besar pada sebuah organisasi. Meningkatkan efisiensi energi sering didorong oleh keinginan untuk menjadikan organisasi yang lebih berkelanjutan. Namun, karena harga energi di Indonesia terus menunjukkan ketidakstabilan yang ekstrim dengan kenaikan harga tarif listrik setiap triwulanan, bisnis dan organisasi sedang mencari cara untuk mengurangi pengeluaran mereka untuk energi yang dibutuhkan pada daya pertumbuhan bisnis atau organisasi.

Kerjasama ini, diakui Cresswell, saling menguntungkan. Sebab, dengan berada di platform cloud milik IndonesianCloud, lanjutnya, aplikasi Greentrac berjalan lebih fleksibel, mobile, aman , dan handal sehingga lebih nyaman dan mudah digunakan oleh pelanggan. “Sementara bagi IndonesianCloud sendiri, akan memperkuat tujuan strategis IndonesianCloud untuk menyediakan berbagai aplikasi cloud terbaik dari seluruh dunia yang secara lokal ditempatkan di data center milik IndonesianCloud yang berada di Indonesia,” paparnya.

Meskipun demikian, dirinya enggan membeberkan potensi pendapatan yang dihasilkan dari kerjasama ini. “Mohon maaf, kami tidak bisa menjawab,” singkatnya. Kerjasama ini, difokuskan pada Seluruh industri terutama segmen enterprise. “Karena segmen ini memiliki pengguna PC yang sangat besar sehingga diperlukan pengontrolan dalam segi pemakaian dan penggunaannya,” tutupnya.