Teknopreneur.com- Investor terbesar Alibaba di China, SoftBank Internet and Media, Inc. (SIMI) bersama Sequoia Capital yang merupakan investor awal di Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram mengumumkan perjanjian kerjasama antara SoftBank Corp (SoftBank) dengan Tokopedia dan beberapa pihak lainnya.

SIMI akan memimpin babak investasi baru dengan partisipasi dari Sequoia Capital dan pemegang saham sebelumnya SB Pan Asia Fund untuk menanamkan investasi sebesar 100 juta USD (sekitar 1.2 Trilyun Rupiah) ke Tokopedia. Melalui investasi ini, perwakilan SIMI dan Sequoia Capital akan bergabung dalam jajaran Board Of Director di Tokopedia.

Menariknya,  investasi ini akan menjadi investasi terbesar yang pernah diterima perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara yang pernah diumumkan ke public, dan akan menjadi  investasi pertama dari SIMI dan Sequoia Capital untuk perusahaan internet asal Indonesia.

Sejak berdiri pada tahun 2009, Tokopedia mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi market place online terbesar di Indonesia. Dengan adanya pendanaan ini, Tokopedia akan semakin fokus dalam mengukuhkan posisi Tokopedia sebagai perusahaan internet asal Indonesia yang mampu bersaing secara global.

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia mengatakan ia sangat bersemangat dan menyambut baik kehadiran SIMI dan Sequoia Capital sebagai partner baru Tokopedia. William melanjutkan melalui investasi ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun tim yang semakin baik, mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para merchants Tokopedia, serta memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna setia Tokopdia.

“Pengguna kami adalah prioritas utama kami. Kami akan fokus agar merchants kami semakin sukses. Ini adalahprinsip terpenting dari bisnis model kami,” ungkapnya.

Sementara Nikesh Arora, Vice Chairman (SoftBank) dan CEO (SIMI) mengatakan mereka sangat senang dapat bekerja lebih dekat dengan Tokopedia. Menurutnya, di Asia khususnya Indonesia potensi pertumbuhan untuk online market place sangat luar biasa, kami percaya kami dapat membantu kemajuan Tokopedia di pasar Indonesia.”

Shailendra Singh, Managing Director, Sequoia Capital India Advisors mengaku sangat terkesan dengan visi Tokopedia. “Perusahaan ini menghubungkan penjual dan pembeli di dalam sebuah market place, dengan proses transaksi yang terpercaya.”

Dukungan lain datang dari Beenos, salah satu investor awal di Tokopedia. Teruhide Sato, CEO  Beenos berkata dirinya percaya kerjasama strategis ini akan membuka era baru untuk semua perusahaan internet di Indonesia.

Babak investasi ini diharapkan akan berhasil ditutup pada pertengahan Desember 2014 mendatang.