Bukan main memang Korea Selatan ini soal koneksi internet tercepat di dunia. Bahkan, konon katanya ada salah satu penyedia internet yang berani menawarkan koneksi internet “sekejap mata”. Sungguh? Ah, rasanya jika ini benar warga di sana pun gembira.
Lalu siapa (penyedia internet – red) yang berani melakukan hal itu? Dikutip dari Business Korea, ialah SK Broadband yang akan melayani akses internet komersil berkecepatan 10 Gbps (Gigabit per detik). Dengan kecepatan itu, sebuah file dengan besaran 1 GB dapat diunduh hanya dengan waktu 0,8 detik, atau sekitar dua kali kedipan mata.

Betul kita harus akui pertumbuhan kecepatan internet di Korea Selatan memang luar biasa. Bahkan Akamai, penyedia jaringan dan monitoring internet, menempatkan kampung halaman Samsung itu di posisi teratas internet tercepat. Simak data berikut, berdasarkan laporan Akami yang dirilis belum lama ini menuliskan, rata-rata kecepatan internet di Korea Selatan mencapai 24,6 Mbps, atau naik 84 persen dibanding tahun sebelumnya.

Posisi kedua diduduki oleh Hong Kong dengan rata-rata kecepatan tembus 15,7 Mbps. Pertumbuhan tahun ke tahun di wilayah ini mencapai 45 persen. Sementara Indonesia juga masuk daftar internet cepat Akamai. Hanya saja, di situ tertulis bahwa rata-rata kecepatan di Tanah Air hanya berkisar 2,5 Mbps, atau berada di posisi ke-101. Itu saja sudah 44 persen lebih kencang dari tahun sebelumnya. Ya, semoga saja rencana pitalebar Indonesia (RPI) mampu menjadi jawaban atas kegelisahan warga negara yang sudah merindukan internet kencang.