Teknopreneur.com – Bank Dunia berkerjasama dengan Harper Collins UK membuat terobosan baru dalam pemetaan dunia berdasarkan bidang yang memungkinkan penggunanya dapat informasi secara visual. Alat tersebut bernama e-Atlas yang dapat mengubah data ke dalam perbandingan visual yang disesuaikan di seluruh waktu, dari negara-negara dan wilayah. E-Atlas tersebut dipenuhi warna peta dan informasi grafik yang dapat diekspor dan dibagikan, digunakan dalam presentasi, dan disimpan untuk digunakan nanti.

Bukan hanya penampilkan peta wilayah, E-Atlas ini juga dapat digunakan untuk; peta indikator Pemesanan data yang tersedia (pernegara) pada tahun tertentu, membandingkan dua peta berdampingan, membaca deskripsi dari berbagai indikator secara sitematis, menemukan indikator oleh pencarian kata atau melalui tema-tema terkait, dan lainnya.

E-Atlas yang dapat di download secara gratis tersebut disediakan oleh Bank Dunia dalam rangka memberikan informasi terkini mengenai indikator sektor perekonomian, terutama yang menyangkut inklusi keuangan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat bagaimana perekonomian pada beberapa dimensi inklusi keuangan dengan mengklik pada indikator. Bila indikator dipilih, peta dunia muncul, menampilkan data terbaru untuk 145 lebih sektor dan bidang ekonomi.

Bukan hanya menampilkan informasi info grafik sektor ekonomi, berikut dengan pemetaan inklusi keuangan. Bank Dunia juga telah menyiapkan tentang Atlas gender. Di dalamnya ini akan dibahas secara; tematis, kontekstual, historis, dan di negara-negara mengenai isu gender dan jenis kelamin dalam kemajuan Statistik pemetaan dan visualisasi. Ini berisi lebih dari 80 indikator, diatur dalam beberapa tema seperti; Ekonomi dan pasar, Angkatan kerja dan Ketenagakerjaan, Kerentanan dan produktivitas, Upah dan penghasilan, Dampak globalisasi, Pembangunan manusia, Pendidikan, Kesehatan, Suara, Politik, Sosial budaya, dan Kekuatan.

E-Atlas ini merupakan pendamping yang praktis untuk Bank Dunia yang dikembangkan dalam program Atlas of Global Development, dan sekarang dalam edisi cetak ketiga. E-Atlas ini pun berdasarkan dari sumber utama data Bank Dunia, World Development Indicators, hal ini memungkinkan Anda memetakan lebih dari 175 indikator untuk sampai dengan 200 negara dari waktu ke waktu.

Dalam e-Atlas tersebut akan membahas jumlah terkini tentang; kemiskinan, produksi pangan, pertumbuhan penduduk, perubahan iklim, perdagangan internasional, dan investasi asing langsung. E-Atlas ini merupakan peta indikator yang mengukur kemajuan dalam MDGs. E-Atlas ini juga dilengkapi dengan data untuk lebih dari 150 negara, dengan 60 + indikator yang digunakan untuk memantau 18 target untuk tujuan utama 8 berikut didirikan oleh Deklarasi Milenium PBB seperti: pengentasan kemiskinan, Pendidikan Universal, kualitas jenis kelamin, kesehatan anak, kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS dan penyakit lainnya, kelestarian lingkungan, dan Pengembangan Kemitraan global.