Teknopreneur.com – Kali ini warga negara Prancis dapat melakukan transaksi keuangan perbankan hanya menggunakan media sosial twitter. Layanan inovasi keuangan perbankan ini dikembangkan oleh Bank Perancis Groupe BPCE, dan pada hari ini mulai diberlakukan.

Mekanisme kerja transaksi keuangan ini dimulai dengan memasukkan rincian rekening bank ke dalam twitter. Kemudian dipadukan dengan aplikasi ‘twitter buy’ untuk memulai transaksi. Layanan tersebut bernama S-Money, dikembangkan oleh salah satu bank terbesar Perancis dan menggunakan jaringan sosial untuk mengirim uang tunai antara pengguna twitter. Layanan tersebut bahkan dikabarkan tidak perlu menggunakan rincian data pengguna bank.

S-Money menawarkan pengguna Twitter di Prancis untuk mengambil cara baru dalam pengiriman uang. Terlepas dari bank mereka dan tanpa harus memasukkan rincian bank seperti ahli waris, dengan sekali tweet sederhana.

Nicolas Chatillon chief executive dari S-Money, mengatakan, “Pembayaran oleh tweets akan dikelola melalui Layanan S-Moeny Bank, yang memungkinkan uang transfer melalui pesan teks dan bergantung pada standar keamanan industri kartu kredit data.” katanya dalam pernyataan resmi beberapa hari yang lalu.

Tampaknya bahwa layanan menggunakan tweet dapat dibandingkan dengan pihak ketiga inisiatif seperti; Starbucks #TweetACoffee, dan Amazon #AmazonCart, di mana orang menggunakan hashtag spesifik tertentu untuk pertukaran barang yang diinginkan.

Andrew Copeman, seorang analis pembayaran dengan layanan keuangan perusahaan riset AITE Group, yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia mengomentari mengenai layanan baru tersebut. “Pada saat ini, bank mungkin melihat Twitter dan jaringan media sosial lainnya sebagai saluran pemasaran untuk mencapai satu set yang lebih luas pelanggan mereka dan untuk memperluas inisiatif mobile banking bank yang ada.” katanya.

Sebelumnya Twitter juga telah memulai uji-coba layanan baru, “Twitter Buy” untuk memungkinkan konsumen menemukan dan membeli produk pada jaringan sosial. Layanan komprehensif ‘Twitter Buy’ tombol di dalam tweets diposting oleh artis musik lebih dari dua lusin seperti Pharell dan vendor seperti Burberry.