Teknopreneur.com – Tidak hanya telepon genggam pintar (smartphone), botol akuarium pintar pun kini telah hadir, smart aquarium. Tim peneliti dan pengembang asal Universitas Loughborough, Suzy Shelley mencoba membuat botol akuarium yang memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri melalui perangkat teknologi di dalamnya.

Pemilik tidak perlu lagi untuk membersihkan atau pun mengganti air di dalamnya, karena akuarium cerdas yang diberi nama AVO ini akan melakukan tugasnya untuk mendaur ulang dan memfilter air di dalamnya secara otomatis.

AVO akan melakukan proses daur ulang bakteri dan membantu pertumbuhan tanaman dalam air tanpa perlu bantuan dari sinar matahari. Sehingga secara otomatis AVO dengan sendirinya akan membangun sebuah ekosistem yang seimbang, karena memungkinkan ikan, tumbuhan air, dan bakteri akan bekerjasama menyeimbangkan peran dari masing-masing.

Dari sisi pencahayaan, AVO akan mengatur kadar cahaya yang masuk dalam tabung. Ketika ada terlalu banyak cahaya, ikan tank mendapatkan ganggang secara otomatis melepas dari dinding tabung. AVO memiliki pencahayaan tanaman khusus, yang memiliki kemampuan untuk memancarkan panjang gelombang yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis dan tumbuh. Panjang gelombang cahaya ini tidak akan dapat dilihat oleh mata manusia, dan kita tidak dapat mendeteksinya secara langsung.

AVO dilengkapi dengan penghangat suhu air secara otomatis mengatur ke temperatur 27° C. Suhu yang sempurna untuk jenis ikan tropis seperti di Indonesia. Untuk saat ini akuarium dibandrol dengan harga $242 atau setara dengan Rp2.937.396,-.