Teknopreneur.com – Dalam rangka memperkuat sistem keamanan data khususnya dunia teknologi dan informasi, PT Telkom Indonesia Tbk sedang membangun sebuah infrastruktur sistem jaringan keamanan untuk menangkal kejahatan di dunia maya (cyber crime).

Hal ini disampaikan oleh Indra Utoyo selaku Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom kepada awak media saat acara Indonesia Cyber Crime Summit di kampus ITB hari ini (9/10/2014). “Pengembangan pusat operasi keamanan cyber atau CSOC (Cyber Security Operation Center) untuk menangkal jaringan internet Telkom dari serangan atau gangguan dari para peretas.” katanya.

Ia menjelaskan bahwa Telkom akan mengoperasikan data centre di wilayah Indonesia seluas 100.000 meter persegi, yang didukung oleh program Indonesia Digital Network 2015. Dalam perencanaannya Telkom akan membangun jaringan internet berkecepatan tinggi berbasis serat optik maupun internet protokol dengan menggelar 30 node terra router dan sekitar 75 ribu kilometer serat optik.

Namun program tersebut masih bergantung pada pemerintahan pada masa yang akan datang, karena perusahaan Telkom masih di bawah naungan Badan Usaha Milik Daerah. Sehingga perlu adanya sinergitas antara program Telkom dengan regulasi yang ada.

“Dengan kesiapan infrastruktur tersebut kami siap menjadi hub dari trafik internet sehingga mampu memonitoring lalu-lintas informasi di Indonesia,” pungkasnya.