Teknopreneur.com – Keluaran baru dari perusahaan Upp sebuah produk perangkat charger telepon genggam dengan menggunakan teknologi konversi hydrogen, dengan mengubahnya menjadi energi listrik untuk mengisi daya melalui USB gadget.

Mekanisme kerjanya; sel bahan bakar hidrogen akan mengkonversi hidrogen ke dalam air, dengan menggunakan energi kimia untuk melepaskan elektron yang menghasilkan arus listrik. Namun sebagai gas, hidrogen akan sangat mudah terbakar dan berbahaya, sehingga alat tersebut menyimpannya dalam bentuk padat yang disebut logam hidrida; Hydralloy C5 yakni bahan bakar hidrogen komersial yang menggabungkan Titanium, Zirkonium, Vanadium, Besi, Kromium, Mangan, dan hidrogen.

Setiap bahan bakar isi ulang kartrid memiliki kandungan 2.23g hydralloy C5, yang dapat menghasilkan daya yang cukup untuk mengisi sekitar lima iPhone atau smartphone Android dua atau tiga, atau satu perangkat yang lebih besar seperti tablet. Cartridge ini beratnya sekitar 385g dan biaya untuk membeli alat ini sekitar £35 atau £10 untuk mengisi ulang secara langsung dengan smart energy.

Ini merupakan alternatif solusi untuk menyalakan perangkat listrik yang hanya memerlukan wadah bahan untuk mengisi ulang bakar hydrogen dan AC Power USB port dan segala sesuatu yang dapat dihubungkan.

Hasilnya, perangkat charger mengeluarkan arus 1A dengan kekuatan 5V. Smartphone yang paling dapat menarik lebih dari 1A untuk mengisi cepat dari stopkontak, sehingga sementara 1A dapat mengisi lebih cepat handphone dari beberapa jenis yang disebutkan.