Teknopreneur.com – Sebuah robot bernama San Xenex mampu membunuh dan menghancurkan virus Ebola dalam waktu kurang dari menit, dengan menggunakan kekuatan cahaya 25.000 kali lebih terang dari sinar matahari untuk membunuh penyakit yang tertanam di dalamnya.

San Xenex berbasis Antonia telah merancang sebuah robot yang dapat membunuh virus dengan menggunakan pulsa cahaya xenon untuk mendisinfeksi permukaan dalam lima menit. Ledakan-ledakan cahaya dikirim keluar dalam radius 10ft (tiga meter) setiap 1,5 detik. Ini dapat menghancurkan virus Ebola dari permukaan di dalamnya dalam kurun waktu dua menit.

Robot tersebut dikabarkan dijual dan dipasarkan dengan biaya £65.000 ($104.000) dan sudah digunakan di 250 rumah sakit di seluruh AS untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut. Mesin robot dapat membunuh kuman yang dirancang untuk membersihkan virus berbahaya dalam sekali menit tersebut sedang digunakan untuk menjaga rumah sakit bebas Ebola.

Mekanisme mesin itu sendiri akan mengeluarkan sinar ultraviolet secara cepat ke seluruh objek virus ebola, sehingga virus akan hancur seketika hingga tidak bersisa seperti sebuah ledakan besar. Robot tersebut menggunakan lampu xenon dan gas beracun untuk membuat sinar ultraviolet yang diperlukan untuk menghancurkan virus.

Sementara itu juru bicara Xenex mengungkapkan bahwa, ‘Robot kami memastikan kamar aman untuk pasien berikutnya dengan menghancurkan kuman pada permukaanya, dan keras untuk membersihkan virus Ebola.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, “Misi kami selalu untuk menghilangkan patogen yang menyebabkan infeksi yang mempengaruhi kesehatan dan kehidupan jutaan pasien dan keluarga mereka, dan Ebola.” Tegasnya.