Teknopreneur.com  – Sebuah perusahaan komputer yang berbasis di London, Inggris, Secure Drives mengeluarkan produk baru untuk menghapus data komponen yang terdapat dalam sebuah drive. Alat tersebut dihargai mulai dari £938 hingga £1,000 lebih.

Bukan hanya dapat menghapus data dalam sebuah drive, tetapi alat tersebut juga akan mampu untuk menghapus sebuah data di dalam sebuah rangkaian komputer yang terkoneksi lebih dari satu jalur komputer.

Bagi banyak orang, menghancurkan data milik sendiri dalam pesan Snapchat dan melalui telepon mereka ketika dicuri alat yang perlu digunakan untuk menghancurkan data pada perangkat. Tapi, bagi orang-orang yang bekerja dengan dokumen-dokumen yang sangat sensitif dan rahasia resmi akan memerlukan perlindungan untuk data pribadi.

Alat tersebut bernama Autothysis128s dan Autothysis128t sebesar ukuran 2.5 inci yang dikendalikan menggunakan app smartphone gratis. Akan menghapus sebuah data yang tertanam dalam drive secara otomatis dengan menggunakan pesan teks khusus. Harga alat tersebut dimulai £938 ($1.500), untuk Autothysis DSP, sementara Autothysis128s seharga £967 ($1.560) dengan top-of-the-range Autothysis128t biaya £1,027 ($1,663).

Alat Autothysis128s dan Autothysis128t adalah 2.5-inch solid state drive (SSD), yang dapat dikendalikan menggunakan app smartphone gratis yang tersedia pada Android dan iOS. Alat yang memiliki komponen drive perpaduan tersebut memiliki 128 GB penyimpanan yang dienkripsi dan dapat dipasang pada komputer, atau terhubung eksternal menggunakan USB port. Alat tersebut juga memiliki nomor  GSM, atau teknologi seluler, yang berarti mereka dapat menerima pesan teks.

Bila pengguna kehilangan data drive, atau ingin menghapus data pada itu, mereka mengirim pesan teks ke dalam perangkatnya. Salah satu fitur unggulan dalam drive tersebut juga dilengkapi data pengaman PIN. Saat drive tersebut hilang atau dicuri oleh orang, maka pemilik dapat mengirim sinyal pesan keamanan untuk mengendalikan drive tersebut dari jauh.