Teknopreneur.com – Pernahkah Anda kesulitan juka memindai dokumen-dokumen yang formatnya terlalu besar? Kini Anda tak perlu mengalami kesulitan lagi karena sudah ada inovasi yang bisa membantu Anda memindai dokumen yang besar dengan efektif dan efisien.    

Inovasi yang didistribusi oleh pt. Datascrip ini mengeluarkan large format scanning Colortac, seperti SmartLF SG, SmartLF SC Xpress, dan MFP Solution.SmartLF SG series merupakan scanner berukuran besar berteknologi CCD(Charge-Coupled Device), yang bisa menscan hingga ukuran 36 inci dan 44 inci dengan ketebalan media hingga 15mm dan kecepatan untuk memindai grayscale/monokrom @200 dpi adalah 13 inci/detik sedangkan pada saat memindai warna 24-bit@200dpi adalah 8 inci/detik.

SmartLF seri SG ini juga dilengkapi Super Speed USB 3.0 sebagai antarmuka dan menggunakan sistem pencahayaan yang hemat energi karena mesin dapat bekerja tanpa proses warming up terlebih dahulu.  Scanan ini dikembangkan memang untuk kebutuhan scanning high end segmen AEC, CAD, pemetaan dan GIS.

Sedangkan untuk SmartLF SC Xpress  yang menggunakan teknologi Single Sensor bisa menscan hingga ukuran 42 inci dengan kecepatan hingga 12 inci/detik dan 13 inci/detik untuk kualitas 8-bit @200dpi greyscale dan mono.

Begitu juga dengan Scanner Multi Function Printer (MFP) profesional cocok untuk menyalin berbagai dokumen teknis yang berformat besar dengan kecepatannya yang melebihi kebanyakan printer warna. 

Scanner MFP memiliki fitur–fitur inovatif. Pertama, ScanOnce yaitu sistem scaning dan copying yang efisien karena telah menjadi satu kesatuan alur kerja. Kedua, Firefly. Fitur ini menggunakan high speed USB 3.0 interface untuk mempercepat transfer data. Ketiga, Clearview. Sistem pencahayaan LED ganda yang inovatif menjadikannya lebih hemat energi dan perawatan yang mudah. Terakhir adalah Winsync, fitur ini memudahkan pengguna yang menggunakan perangkat PC berbasis Windows untuk terhubung ke perangkat pemindai.

Ketiga scanner ini berteknologi CCD yakni teknologi yang menggunakan kamera sebagai sensor yang digunakan untuk menangkap intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan mengubahnya menjadi tegangan listrik analog.

Kemudian tegangan listrik analog tersebut diolah sedemikan rupa hingga menghasilkan gambar/ dokumen yang identik dengan gambar/ dokumen yang akan dipindai.  Sementara teknologi Single Sensor merupakan pengembangan dari teknologi CIS (Contact Image Sensor) yang telah dipatenkan oleh Colortrac sendiri sebagai teknologi terbaru yang digunakan dalam sistem scanning. Colortrac Single Sensor dirancang dari awal untuk mengatasi keterbatasan desain scanner berteknologi CIS dengan kualitas mendekati scanner berteknologi CCD. 

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh teknologi ini jika dibandingkan dengan teknologi CIS adalah kalibrasi yang sempurna dikarenakan sistem optik yang sejajar. Hal tersebut dapat mengakibatkan warna yang dihasilkan sempurna dan tidak berbayang.

Single Sensor menggabungkan fitur terbaik dari teknologi CCD dan CIS karena dirancang dengan sistem pencahayaan teknologi CCD dengan sensor optik dari teknologi CIS.  Teknologi CCD yang digunakan Colortrac dapat memindai warna–warna graphic art dan bahkan di salah satu varian tipenya dapat memindai media dengan ketebalan hingga 20 mm.

Dengan koneksi Ethernet dan port USB 3.0 berkecepatan tinggi membuat pengiriman data dan proses pemindaian tidak berhenti ataupun menunggu. Teknologi pencitraan ini pada dasarnya sama dengan CCD sensor yang digunakan oleh kamera profesional berkualitas tinggi.

Hal yang utama adalah fitur–fitur baru yang unik, seperti feature simply manually-operated height adjustment yang dapat membantu pengguna dalam menangani dokumen–dokumennya yang berbeda ukuran dan ketebalan.  SmartLF SG selalu menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan pemindaian berformat besar,” ujar Gatot P. Laksono – Division Manager, pt. Datascrip.