Teknopreneur.com – Domain yang biasa dipakai untuk sebuah alamat situs potal, blog, dan sebagainya seperti domain gov, com, co, in, jobs, dan berikut yang lainnya. Ternyata telah muncul domain baru untuk buy, vip, dan tech. Ketiga jenis domain yang telah dirilis tersebut kabarnya telah dilelang untuk dikomersialkan.

Perusahaan ICANN yang merupakan perusahaan yang melelang domain (.buy) tersebut, akhirnya dibeli oleh Amazon yang berani membeli sebesar 4,588 juta dolas AS atau sekitar Rp 55 miliar. Angka tersebut mengalahkan Google yang pada saat itu ikut dalam lelang, seperti dikutip dari Domain Name Wire kemarin (22/9/2014). Situs buy tersebut juga akan difungsikan sebagai situs khusus dalam jual beli online di internet.

Dalam adu lelang untuk domain “.tech”, dan “.vip”, juga Google masih dikalahkan oleh perusahaan asal Irlandia yang berani membeli domain khusus .vip sebesar 3 juta dollar AS. Begitu pula dengan domain .tech yang diambil oleh perusahaan Dot Tech LLC dengan harga 6,76 juta dollar AS.

Hingga saat ini perusahaan Generic TLD merupakan salah satu domain yang menduduki posisi teratas dalam hierarki sistem nama domain internet. Generic TLD dapat dilihat di kata terakhir di alamat sebuah situs, seperti “.com”.