Teknopreneur.com – Perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan mobil, Toyota merilis produk barunya yang dinilai akan ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar hidrogen. Kendaraan tersebut diberi nama Fuel Cell Vehicle (FCV).

Dari hasil riset yang dilakukan oleh tenaga ahli, FCV mobil produk baru Toyota ini mampu menempuh jarak sejauh 700 kilometer untuk setiap kali pengisian bahan bakar.

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor Dadi Hendriadi mengungkapkan bahwa mobil FCV ini sangat ramah lingkungan karena tidak ada gas buang yang dapat menimpulkan polusi udara.

“Pemakaian hidrogen ini membuat mobil FCV Toyota benar-benar ramah lingkungan karena tidak ada emisi (zero emission). Sisa pembakarannya keluar dalam bentuk air (H2O) sehingga betul-betul ramah lingkungan,” uangkapnya kemarin (19/9) saat berada di IIMS 2014.

Berbeda dengan jenis mobil listrik yang harus disetrum, mobil FCV ini diklaim akan lebih hemat waktu. Karena cukup diisi dengan bahan bakar hidrogen, sedangkan mobil listrik harus disetrum listrik hingga berjam-jam. Kelebihan Toyota bukan hanya hemat waktu dan ramah lingkungan, tetapi juga dapat menggandakan tenaga lebih kuat lagi dengan menggunakan teknologi penambah voltase yang diyakini dapat menghasilkan tenaga tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan komponen sel bahan bakar sebelumnya.

Mobil FCV yang rencananya akan dipasarkan ke Jepang dan Amerika Serikat pada tahun 2015 ini memiliki kemampuan lari hingga 170KM/jam, dan mampu mencapai kecepatan 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu jeda sekitar 10 detik.

Namun sayang mobil ini belum bisa dipasarkan ke Indonesia karena infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen belum ada di Indonesia. “Kalau stasiun pengisian sudah ada, tentu kendaraan ini sudah bisa dipakai di Indonesia.” tandasnya.