Teknopreneur.com – Masalah ketersedian air memang sangat penting, terutama air bersih yang dapat dikonsumsi tanpa mengalami ‘gangguan’. Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 1,6 juta orang meninggal setiap tahunnya dikarnakan kekurangan air bersih dan sanitasi dasar. Untuk itu perlu adanya upaya mengembangkan teknologi baru seperti yang dilakukan para peneliti dari India yang telah datang dengan solusi untuk masalah abadi ini, yaitu dengan sistem pemurnian air yang menggunakan nanoteknologi.

Seperti yang dilansir dari laman theguardian teknologi ini menghilangkan mikroba, bakteri dan zat lainnya dari air dengan menggunakan nanopartikel komposit, yang memancarkan ion perak yang menghancurkan kontaminan. “Pekerjaan kami dapat mulai menyelamatkan nyawa,” kata Prof Thalappil Pradeep dari Indian Institute of Technology Madras. “Untuk hanya $ 2,50 per tahun Anda dapat memberikan air mikroba aman untuk keluarga.”

Harapan akan adanya pemurnian yang harganya murah mungkin terjadi dan terukur secara komersial. Teknologi ini menggunakan air sumur sebagai sumber airnya, sumur merupakan temuan transformative  yang terkadang diabaikan. Sumur adalah sumber air tawar penting bagi masyarakat pedesaan, dengan adanya teknologi ini bisa dimanffatkan dengan maksimal.