Teknopreneur.com – Kepala eksekutif Oracle, Larry Ellison menyingkir dari kursi jabatannya setelah 37 tahun memimpin di perusahaan raksasa perangkat lunak tersebut. Mark Hurd dan Safra Catz telah dinobatkan sebagai penerus dan telah diangkat menjadi Co-Chief Eksekutif.

Pria berusia 70 tahun ini, mendirikan oracle bersama dengan dua temannya, Bob Miner dan Ed oates pada tahun 1977. Dewan  Presiden Oracle, Michael Boskin menyatakan, “Larry telah membuat keputusan yang sangat jelas bahwa ia hanya ingin fokus terhadap rekayasa produk, pengembangan teknologi dan strategi pasar.”

Untuk itu, penggantinya Safra Catz akan menjalankan operasi manufaktur, hukum, dan keuangan di Oracle.Sementara itu, Mark Hurd akan bertanggung jawab atas penjualan, layanan dan bisnis unit.

“Kami bertiga telah bekerja sama dengan baik selama beberapa tahun terakhir, dan kami berencana untuk terus bekerja sama di masa mendatang,” Ucap pria kelahiran 17 Agustus 1944.

Guncangan sedang terjadi pada bisnis Oracle, mengingat pergolakan pasar perangkat lunak yang sedang terjadi saat ini.

Mengutip dari BBC, seorang analis FBR Capital Markets, Daniel Ives mengatakan, “Sementara ada beberapa spekulasi kenapa Larry bisa mundur, waktunya sangat singkat bagi kami untuk mengemukakan pendapat kenapa bos Oracle tersebut mundur.”

Majalah Forbes telah membukukan kekayaan yang dimiliki Mr Ellison sebesar 51,3 miliar dollar AS, dimana sebagian besar terikat dalam perusahaan atau sekitar 25% dari saham Oracle. Ia mendirikan perusahaan tersebut dengan modal yang ia miliki dulu hanya sebesar  1.200 dolar AS, tapi siapa sangka sekarang ia tercatat sebagai orang terkaya kelima di dunia.