Teknopreneur.com – Microsoft sukses memboyong Game Online, Minecraft, dengan harga yang terbilang fantastis, yakni sebesar 2,5miliar dolar. Beberapa analis telah memprediksi kesepakatan tersebut dirancang untuk menarik lebih banyak pengguna (pemain Game Minecraft) ke perangkat Windows Phone.

Akuisisi ini terjadi setahun setelah Microsoft membeli handset dan divisi perangkat perusahaan ponsel asal Finlandia. Minecraft merupakan salah satu game terlaris di Play Store, baik perangkat iOS maupun Android serta saat ini telah masuk dalam game X-box  dan PS4 yang makin mendonkrak penjualan game tersebut.

Seperti yang dikutip dari BBC, menurut market research NPD Group, pada bulan lalu game tersebut menduduki peringkat ketiga sebagai game terpopuler di dunia. Game tersebut dirilis pada tahun 2009, yang pada tahun 2013 telah terjual sebanyak 50juta copy dengan memperoleh pendapatan sebesar 290juta dolar AS.

Seorang analis Forrester, James McQuivey menyatakan,”Minecraft adalah salah satu game yang paling penting di dunia. Dikarenakan, Tidak hanya untung sekali atau dua kali, tetapi juga keuntungannya terus meningkat dari tahun ke tahun serta membuat suatu komunitas tersendiri dalam platformnya.”

Ia menambahkan, hal tersebut menjelaskan alasan kenapa Microsoft ingin membeli Minecraft yang tentunya akan tersedia di platform game Microsoft atau Windows Phone Store. Selain itu, Prof. Mark Skilton, dari Warwick Business School mengatakan,“Akuisisi adalah tentang membangun “basis pelanggan yang kuat” untuk Microsoft.”

Ia juga mengatakan, industri game online tumbuh sangat cepat dan telah mengambil pasar masal, akuisisi Minecraft merupakan langkah yang tepat untuk mengambil pasar yang besar di dunia digital tersebut.