Teknopreneur.com – Pembangunan tanpa ditunjang dengan standarisasi bisa dibilang nihil.  Karena dengan kegiatan standarisasilah bisa terjamin suatu mutu dan juga dijadikan alat kebijakan pemerintah untuk menata struktur ekonomi  dan memberikan perlindungan kepada khalayak.

Perangkat standardisasi juga mempunyai perangkat pembinaan dan pengawasan yang sangat berperan dalam peningkatan perdagangan dalam negeri dan internasional, pengembangan industri nasional, serta perlindungan terhadap operator maupun masyarakat. Selain itu dengan adanya standarisasi ini juga bisa meningkatkan kompetisi sumber daya manusia.

Standardisasi juga digunakan oleh pemerintah untuk menunjang tercapainya tujuan-tujuan strategis antara lain peningkatan ekspor, peningkatan daya saing produk dalam negeri terhadap barang-barang impor, dan peningkatan efisiensi nasional.

Standarisasi di Indonesia sendiri antara lain SNI ISO IEC 14443-4-201x  yang disusun oleh Panitia Teknis Standarisasi Nasional 35-01. Salah satu standarisasi yang dilakukan adalah penyelenggaraan sistem elektronik (PSE).

Untuk meningkatkan sistem keamanan, PSE sendiri memiliki kewajiban untuk menyediakan rekam jejak audit untuk seluruh kegiatan PSE,melakukan keamanan untuk terhadap komponen PSE, memiliki dan  menjalankan prosedur pengamanan mencakup prosedur dan sistem pencegahan dan penanggulangan terhadap ancaman.

Dan jika terjadi kegagalan atau gangguan sistem elektronik yang akan berdampak serius maka PSE wajib mengamankan data dan segera melaporkan  ke instansi pengawas-pengatur sektor terkait pada kesempatan pertama, jelas Muhammad Neil El Himam  Kepala Subdirektorat Standar Dan Audit Perangkat Lunak saat rapat Dewan TIK Nasional.