Teknopreneur.com – Perusahaan Oculus yang bergerak dalam bidang permainan asal Jepang akan meluncurkan game baru yang dapat berinteraktif secara fisik. Perangkat game yang dibuat mirip dengan bentuk tubuh manusia ini akan bereaksi ketika pengguna bersentuhan dengan perangkat game tersebut. Misalnya dengan meraba-raba dada robot, maka seketika robot tersebut akan bereaksi karena terkejut.

Seorang ahli desainer di Up Frontier telah menciptakan model dengan sepasang payudara palsu yang dilengkapi dengan sensor tekanan, dan menyambung ke headset Oculus Rift. Ketika pemakainya meremas payudara model, maka karakter virtual akan menjerit ketika menempatkan lengannya di depan dada.

Hal ini dirancang untuk menyediakan pengguna dengan pengalaman virtual reality immersive tidak hanya untuk video game konvensional, tetapi untuk kegiatan yang lain juga.

Facebook rencananya akan membeli perusahaan game tersebut pada tahun ini sekitar  $ 2 milyar (£ 1,2 milyar) dengan kesepakatan untuk membeli perusahaan VR headset Oculus. Perusahaan ini juga akan mengembangkan headset VR terkemuka – dengan versi pengembang yang akan dijual sebesar $ 350 (£ 210). Seperti yang dirilis oleh DailyMail pada Sabtu (13/9) lalu.

Ini pertama kalinya game yang akan digunakan untuk permainan immersive. CEO Facebook Mark Zuckerberg berjanji headset tersebut akan mengubah pola cara kita saat ‘bekerja, bermain dan berkomunikasi’.

Pembelian Oculus menempatkan Facebook dalam persaingan pasar dengan perusahaan Sony, yang telah meluncurkan versi mereka sendiri dari headset VR, untuk generasi terbaru produk PS4 pada tahun depan.