Teknopreneur.com – Jaringan sosial media, facebook, menyatakan,“Saat ini kami sedang membuat sebuah pilot project tentang pengaturan penghapus pesan yang sudah kadaluwarsa sesuai waktu yang ditentukan mulai dari satu jam sampai satu minggu.”

Sepertinya ini merupakan upaya facebook untuk menyaingi Snapchat yang telah terlebih dahulu menggunakan fitur penghapus pesan otomatis tersebut. Dimana Snapchat telah memperkenalkan fitur penghapus otomatis yang dapat menghapus pesan atau foto yang telah di-posting oleh si pengguna sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Sebelumnya, bulan Juni lalu facebook telah meluncurkan fitur Slingshot, yang memungkinkan foto-pesan yang diterima dari teman harus dibuka dan membalas kembali foto berbeda ke pengirim aslinya. Namun, sepertinya hal yang telah dilakukan facebook belum cukup, malahan banyak penggunanya yang berminat untuk menggunakan fitur penghapus otomatis seperti yang dimilki Snapchat.

Akan tetapi, fitur ini masih dalam tahap uji coba dan masih jadi pilot project facebook dengan perusahaan teknologi lainnya terhadap pengguna yang berada di Selandia Baru. Hal ini, kemungkinan juga karena facebook sebelumnya gagal mengakuisisi aplikasi messanger Snapchat, dengan dengan tawaran 3 miliar dollar AS.

Snapchat didirikan pada tahun 2011 dan dalam tiga tahun pertumbuhan penggunanya sangat signifikan. Aplikasi messenger itu semakin populer di kalangan remaja dan secara demografi sangat menjanjikan serta tidak jarang menjadi incaran para perusahaan teknologi besar lainnya untuk membelinya.