Teknopreneur.com – Perusahaan spesialis memori, SanDisk telah menciptakan kartu mikro SD yang dapat menampung data hingga 512 gigabyte (512GB) dalam ruang penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar dalam rilisnya.

Kartu mikro yang hanya berukuran perangko tersebut, rencananya akan dijual sebesar $800 atau sekitar Rp9.520.000,- jika kurs rupiah berada di angka Rp11.500/dollar.

Peluncuran sendiri muncul satu dekade setelah perusahaan merilis keluaran produk jenis 512-megabyte (MB) SD. Para ahli percaya bahwa kartu mikro SD pada akhirnya akan bisa menyimpan hingga 2 terabyte (TB) data, atau sekitar 2.000 GB.

Kartu baru tersebut bertujuan untuk pembuat film menembak dalam format 4K yang berkualitas tinggi. Format 4K adalah empat kali resolusi HD yang memerlukan penyimpanan file besar. Tergantung pada kompresi, satu menit dari 4 K yang mampu menembak biasanya akan mengambil sekitar 5 GB dalam ruang penyimpanan.

“4K Ultra HD adalah contoh dari sebuah teknologi yang mendorong kita untuk mengembangkan solusi penyimpanan baru mampu menangani ukuran file yang besar,” kata Dinesh Bahal, Wakil Presiden pemasaran di produk SanDisk.

Format kartu SD merupakan kartu penyimpanan data yang paling banyak digunakan dalam penyimpanan flash, populer dengan kamera digital, kamera perekam, dan perangkat seluler.

Kata John Delaney, seorang analis senior mobile dari IDC, berpendapat bahwa ini merupakan inovasi dalam penyimpanan fisik yang sangat penting untuk masa depan perangkat kami jika banyak orang yang beralih.