Teknopreneur.com – Mungkin anda pernah mendengar seseorang yang dapat menangkap pembelajaran pada saat dia sedang tertidur. Itu bukan hal mitos atau hal yang diluar nalar (akal sehat). Otak masih aktif ketika kita tertidur, kata para ilmuan, baru – baru ini para peneliti dari Cambridge dan Paris memperkenalkan peserta untuk tes kata dan menemukan mereka terus merespon dengan benar saat tidur.

Seperti yang dilansir di laman BBC News, penelitian lebih lanjut sekarang akan berfokus pada bagaimana memanfaatkan waktu tidur kita. Dalam jurnal Current Biology, tim peneliti berangkat untuk mempelajari perilaku otak saat terjaga dan saat tidur. Menggunakan electroencephalogram (EEG), mereka merekam aktivitas otak peserta ketika mereka diminta untuk mengklasifikasikan kata yang diucapkan baik sebagai binatang atau benda dengan menekan sebuah tombol. (Prilaku bawah sadar)

Peserta diminta untuk menekan tombol di tangan kanan mereka untuk hewan dan di tangan kiri mereka untuk objek. Hal ini memungkinkan peneliti untuk melacak respon dan peta masing-masing kategori kata untuk gerakan tertentu dalam otak. Kemudian peserta diminta untuk berbaring di ruangan gelap dengan mata tertutup dan melanjutkan tugas klasifikasi kata saat mereka tertidur.

Aktivitas otak mereka menunjukkan mereka terus merespon secara akurat, para peneliti mengatakan, meskipun terjadi lebih lambat. Pada saat itu, para peserta benar-benar bergerak dan menyadari.
tombol snooze Sid Kouider, dari Ecole Normale Superieure di Paris, mengatakan: “Kami menunjukkan bahwa otak tidur bisa jauh lebih ‘aktif’ dalam tidur dari satu akan berpikir.