Teknopreneur.com – Sebuah robot hari ini resmi diluncurkan dalam Festifal Sains di  Inggris, robot tersebut diberi nama ‘Bois’.  Pengembang robot tersebut mengklaim bahwa ‘Borris’ adalah salah satu robot pertama di dunia yang mampu memanipulasi benda seperti manusia, contohnya memegang, dan mencengkram gelas atau piring untuk kemudian mencucinya.

Seperti dilansir oleh BBC News, Robot ini dikembangkan oleh para ilmuan di University of Birmingham. Tim juga bekerja sama dengan “Bob”, sebuah robot otonom yang baru saja menyelesaikan pengalaman kerja di perusahaan keamanan G4S.  

Boris “melihat” objek dengan sensor kedalaman pada wajah dan pergelangan tangan. Dalam 10 detik menghitung sampai seribu cara yang mungkin untuk memahami objek novel dengan lima jari robot dan merencanakan jalan gerakan lengan untuk mencapai target, menghindari penghalang.

“Ini adalah outing publik pertama Boris”, ujar Profesor Jeremy Wyatt dari Sekolah Ilmu Komputer.  Membutuhkan waktu lima tahun untuk mengembangkan dengan biaya £ 350,000. Tim terus meningkatkan kemampuan Boris, baru-baru ini menambahkan kemampuan untuk memilih yang terbaik dari lima jenis yang berbeda untuk  memegang saat mendekati objek. “Itu sebenarnya sesuatu yang kita baru saja retak, tapi kami belum mempublikasikan,” kata Profesor Wyatt.