Teknopreneur.com – Baru-baru ini dunia teknologi diisukan dengan bakal hadirnya 5 G, yang akan segera keluar. Seperti yang dilansir dalam CNN hari ini (12/9), pakar industry networking memprediksikan bahwa kemunculan 5 G akan dipasarkan pada tahun 2020.

“Saya pikir kunci sekarang ini adalah mendefinisikan tentang apa persyaratan untuk 5G.” kata Mike Harry, vice president dari jaringan dukungan di Verizon Wireless, saat berbicara pada konferensi industri nirkabel kemarin waktu setempat di Las Vegas.

“Kita perlu untuk mengetahui apa masalah yang kita mencoba memecahkan.” Tambahnya.

Secara umum, masalahnya jaringan 5G adalah bahwa akan ada miliaran bandwidth yang akan terhubung ke Internet melalui jaringan selular di tahun yang akan datang. Tetapi masalah-masalah seperti apa frekuensi 5G yang akan beroperasi pada standar bandwidth mereka dan apa jenis infrastruktur yang harus disediakan.

“Efisiensi energi akan menjadi bagian penting dari pengaturan standar 5G.” ujar Aicha Evans, vice president dari platform grup Intel.

“Itu adalah tanggung jawab sosial bagi kita semua, atau kita akan mematangkan peradaban planet ini.” Katanya lagi.

Tuntutan kekuatan pasti akan besar. Chris Pearson, Presiden perdagangan Grup 4G Amerika, mengatakan mungkin ada 50 miliar perangkat yang terhubung pada tahun 2020. Perangkat tersebut, katanya, akan menghubungkan ke Internet melalui jaringan selular.

“Mobile broadband akan menjadi pusat hubungan masyarakat.” ungkapnya.