Teknopreneur.com – Mahasiswa dari Bandung, mencoba memanfaatkan limbah tanaman mending menjadi energy biogas. Percobaan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2014 nanti.

Menurut dosen pembimbing mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Telkom University (Tel-U) Bandung, Rosad Ma’ali El Hadi, “Program ini memanfaatkan limbah tanaman mendong menjadi energi biogas, Saat ini sudah masuk ke tahap perancangan dan Bulan Oktober 2014 depan akan diinstal,” katanya kemarin (9/9) seperti yang dikutip dari Telkom University.

Menurutnya  program tersebut akan memanfaatkan limbah mendong menjadi energi mandiri biogas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengganti bahan bakar fosil. Percobaanya sendiri akan dilakukan di Tasikmalaya karena merupakan salah satu kota industri di Indonesia yang menghasilkan aneka produk kerjainan kreatif, seperti mendong.

Sedangkan wacana pembangunan kampung energi mandiri sendiri akan dilaksanakan di Kecamatan Manonjaya, Kecamatan Purbaratu, Cibereum, Taman Sari dan daerah penghasil mendong.

Mendong itu sendiri merupakan satu tumbuhan yang hidup di rawa dan salah satu jenis rumput yang biasanya tumbuh dengan panjang lebih kurang 100 cm. Mendong dimanfaatkan untuk diproduksi menjadi; tikar, tempat pensil, dompet, tempat sampah, tempat tisu, tempat toples, tas, dan pigura.