Teknopreneur.com – Menparekraf, Mari Elka Pangestu mengatakan,“Apa yang dilakukan oleh Bandung Creative City Forum (BCCF) dan Pemkot Bandung yang terus menambah jumlah Simpul Space sebagai ruang terbuka bagi Orang Kreatif sangat strategis dan berdaya besar. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan potensi sektor ekonomi kreatif sebagai unggulan pemberdayaan masyarakat di masa depan, baik untuk pembangunan ekonomi maupun budaya.”

Ia menyatakan, konsep Simpul Space yang dikembangkan BCCF dengan Pemkot Bandung sangat penting dan vital untuk pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata ke depan. Simpul Space adalah ruang bersama bagi komunitas kreatif untuk mengembangkan berbagai ide kreatif sehingga dapat melahirkan karya-karya inovatif.

“Salah satu kebutuhan dasar komunitas kreatif adalah adanya ruang untuk berekspresi dan berkumpul serta berjejaring antar komunitas untuk melahirkan program kolaborasi hingga karya-karya inovatif. Dan ini hanya mungkin terwujud bila tersedia ruang-ruang public semacam Simpul Space ini,” ucap Mari.

Oleh karena itu, Menparekraf berharap dengan adanya Simpul Space ini bisa memberi inspirasi kepada komunitas kreatif dan Pemkot lainnya di berbagai wilayah Indonesia. Mari mengungkapkan,“Kita harapkan apa yang dilakukan BCCF dan Pemkot Bandung mampu memicu dan menginspirasi kota-kota lainnya sehingga potensi besar sector ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia bisa kita gali secara optimal bagi pemberdayaan baik di bidang ekonomi maupun budaya.”

Menurut Menparekraf pertumbuhan ekonomi kreatif hingga tengah tahun 2014, diperkirakan sebesar  5,12% sedangkan jika diestimasi mencapai Rp111,2triliun. Penyumbang nilai tambah tertinggi antara lain subsektor mode, kuliner, kerajinan serta penerbitan dan percetakan. Keempat subsektor ini juga erat kaitannya dengan sektor pariwisata.

Untuk itu, semoga dengan kokohnya BCCF sebagai bagian dari ekosistem pengembangan industri kreatif,  juga tersedianya SDM kreatif yang didukung oleh orang-orang dengan talenta seni, pengetahuan, dan intelektual serta sumber daya alam dan jejaring komunitas kreatif diharapkan mampu mengoptimalkan pergerakan wisatawan nusantara maupun mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang akan menjadi sumber pemasukan devisa.