Teknopreneur.com – Di Amerika, tepatnya kota New York, operator penukaran mata uang transaksi online atau  bitcoin mengaku bersalah karena telah mengeluarkan bitcoin tanpa izin transmisi bisnis. Charlie Shrem dari BitInstant.com mengakui atas tuduhan pengadilan federal New York, seperti yang dilansir dari laman BBC.

Robert Faiella, yang merupakan pemilik toko obat online ditangkap karena telah membeli bitcoin ilegal dari Charlie Shrem. Keduanya ditangkap pada bulan Januari lalu, karena dituduh menjual lebih dari 1juta dollar bitcoin illegal.

Situs itu pun kini akhirnya ditutup mengingat keduanya telah ditangkap. Pihak pengadilan AS telah mengetuk palu dan menetapkan mereka sebagai tersangka atas tuduhan peredaran bitcoin ilegal dan pencucian uang.

Operator penukaran bitcoin adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menukarkan mata uang tradisional ke dalam bentuk bitcoin.

Mengutip dari BBC, pihak berwenang AS mengatakan, “Mr Shrem menyadari bahwa bitcoin sedang ramai digunakan dalam transaksi online dan karena itu, ia melanggar Undang-Undang Kerahasiaan Bank.”

Undang-undang tersebut, mengharuskan lembaga keuangan AS mengingatkan para pihak yang berwenang untuk menindak tegas setiap kegiatan yang mencurigakan terkait peredaran bitcoin yang belum memperoleh izin bisnis atau ilegal. Serta menindak, orang yang terlibat dalam transaksi yang dikategorikan sebagai tidak pencucian uang digital tersebut.