Teknopreneur.com – Saat ini, keamanan data yang tersimpan melalui layanan iCloud mulai dipertanyakan oleh banyak pihak. Setelah beredarnya foto toples artis hollywood yang telah dicuri oleh para peretas (hacker) dari data pribadi yang disimpan dalam akun iCloud.

Untuk itu, Apple sedang berencana untuk meningkatkan keamanan data yang tersimpan dalam layanan awan tersebut. Seperti yang dikutip dari BBC, Chief executive Tim Cook mengatakan,“ Apple saat ini berencana meningkatkan keamanan iCloud setelah gambar pribadi milik selebriti yang dicuri dan dipublikasikan secara online.”

Kemudian dalam Wall Street Journal,  Cook menjelasakan, akan ada alarm yang dikirim ke pengguna sebagai peringatan jika ada seseorang yang mencoba masuk ataupun mengubah kata sandi akunnnya dan memulihkannya ke dalam perangkat baru.

Ia mengatakan,“Akun iCloud mungkin telah diretas oleh hacker ketika mereka benar dalam menebak password atau melalui phishing.” Sebagai informasi phishing merupakan metode yang dilakukan oleh hacker dalam melakukan pencurian identitas online dengan menyebarkan virus.

Apple akan segera mengirim notifikasi tentang aktivitas pengamanan akun pengguna dalam waktu sekitar dua minggu, terhitung dari jumat lalu.

“Ketika saya berpikir mundur kebelakang perihal skenario pembajakan yang terjadi dan mengatakan apa yang bisa kita lakukan, saya pun mulai sadar,” ucapnya pada Wall Street Journal. Ia menambahkan, Saya pikir kami memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki sistem keamanan data yang lebih baik lagi.