Teknopreneur.com – Demi mendorong keterbukaan informasi publik dan data di Indonesia, Pemerintah meluncurkan Portal Data Indonesia di laman resmi www.Data.Id pada hari ini (5/9).

Peluncuran website tersebut merupakan hasil dari kolaborasi antara masyarakat UKP4 (Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan. Kepala UKP4, Kuntoro Mangkusubroto menjelaskan bahwa peluncuran tersebut dalam rangka pencanangan Gerakan Data Terbuka Indonesia.

“Gerakan Data Terbuka Indonesia ini adalah komitmen pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam menciptakan inovasi-inovasi untuk pembangunan berkelanjutan.” katanya.

Portal tersebut diharapkan dapat menjawab keinginan publik untuk mendapatkan data resmi pemerintah secara cepat dan mudah. Sampai saat ini sudah terdata sejumlah 23 institusi, termasuk dari dua pemerintah daerah pelopor, turut mempublikasikan sekitar 700 set data yang mencakup berbagai topik seperti ekonomi, pendidikan, energi, kesehatan, dan pengadaan.

Masyarakat dapat menggunakan data di dalam website tersebut secara bebas, namun dalam syarat dan ketentuannya menjelaskan bahwa pemerintah dan pengelola situs tidak bertanggung jawab terhadap penggunaan yang tidak sesuai atau tidak benar dari seluruh informasi yang terkandung di dalam situs tersebut.