Teknopreneur.com – Saat ini perusahaan Google sedang mempersiapkan sistem komputasi agar menjadi lebih cepat, dengan berbasis kuantum.

Google tidak sendirian dalam mempersiapkan rencana tersebut, dengan dibantu para peneliti dari Universitas California Santa Barbara, mencoba mengembangkan teknologi yang disebut komputasi kuantum di masa depan.

Seperti yang dikutip dari laman CNN hari ini (4/9), para ilmuan tersebut mengatakan bahwa, “Komputer kuantum berpotensi akan lebih cepat daripada komputer digital yang menggunakan sistem biner untuk memproses suatu informasi.” ujarnya.

Pada saat ini Tiongkok memiliki komputer tercepat di dunia yang disebut juga super komputer yang mampu mencapai kecepatan hingga 55 kuadriliun kalkulasi per detik. Sedangkan komputer kuantum bisa membuat komputer super komputer itu terlihat seperti siput, jika melakukan perbandingan kecepatan.

Saat ini Google juga bekerjasama dengan para ilmuan D-Wave untuk mengembangkan komputer Vesuvius yang akan dikomersialkan untuk umum, dan dikembangkan lebih lanjut bersama NASA yang akan menghasilkan 1000 qubit.