Teknopreneur.com – Bitcoin uang digital yang digunakan untuk transaksi di beberapa komunitas jual beli online, kini sudah bisa didapat di toko retail di Indonesia. Meskipun hingga saat ini Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak menganggapnya sebagai alat pembayaran yang sah.

Saat ini Bitcoin Indonesia bekerjasama dengan iPaymu telah berhasil untuk mengimplementasikannya. IPaymu sekarang telah terhubung dengan 10.000 cabang Indomaret untuk menyediakan penjualan voucher Bitcoin di Indonesia.

Oscar Darmawan pendiri dan CEO Bitcoin Indonesia mengatakan bahwa, “(Bitcoin, red) Sudah bisa dibeli di Indomaret mulai kemarin (3/9) dan berjalan lancar. Beberapa user kami sudah menggunakannya,” ujarnya hari ini (4/9) kepada awak media.

Menurutnya, kerjasama ini dilakukan agar masyarakat lebih mudah menjangkau dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus ke lembaga keuangan.

“Kita tahu di indonesia 80% penduduk Indonesia tidak punya akses ke dunia finansial, cuma 20% yang punya akses ke bank, kartu kredit, dan lain-lain. Bitcoin ini semua orang bisa menggunakan, kita bisa bantu orang-orang yang buta keuangan,” tambahnya.

Perusahaan iPaymu sendiri akan mendapatkan fee di setiap transaksi Bitcoin yang dilakukan di Indomaret.