Teknopreneur.com – Pemerintah Ekuador akan segera menerbitkan regulasi baru mengenai alat transaksi dan mata uang digital resmi pada akhir tahun mendatang. Uang digital tersebut merupakan alat pembayaran yang dibuat dan disimpan secara elektronik. Seperti mata uang pada umumnya, uang digital pun bisa dipakai untuk membeli barang di toko online nantinya.

Menurut pejabat Central Bank Ekuador, mata uang virtual tersebut akan disirkulasikan pada bulan Desember 2014 nanti. Lebih lanjut pihaknya menjelaskan bahwa uang digital tersebut tidak akan sama dengan Bitcoin, dan mengenai jumlah mata uang itu yang akan diedarkan bergantung pada permintaan pasar.

Sementara itu menurut situs Engadget, jika benar uang digital kuador ini akan beredar – maka mata uang tersebut akan menjadi alat pembayaran digital pertama di dunia yang diakui resmi oleh sebuah pemerintah.

Negara lain yang juga menggunakan mata uang digital adalah Islandia dengan Auroracoin, dan Ceko dengan CzechCrownCoin namun keduanya belum didukung oleh pemerintah setempat.

Sama halnya di Indonesia, penggunaan Bitcoin dalam bertransaksi secara online belum sepenuhnya didukung oleh pemerintah.