Teknopreneur.com – Belakangan ini semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh anak muda indonesia yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi (TI). Yayasan Pelita Cakrawala Inspirasi telah mengembangkan sebuah inisiatif sosial berbasis teknologi bekerja sama dengan CharityLights.

Aplikasi PhiRUNtrophy, merupakan aplikasi sport-tracking yang memanfaatkan teknologi informasi guna memberikan nilai lebih. Dikarenakan, selain bisa bermanfaat untuk memantau kegiatan orang yang sedang berolahraga, aplikasi ini juga dapat membantu memberikan donasi.

Setiap jarak yang ditempuh ketika berolahraga, baik dengan berlari, bersepeda maupun dengan berjalan kaki, akan dikonversikan dalam bentuk nominal rupiah dari pendonor dan sponsor yang telah menjalin kerjasama dengan CharityLights.

Saat ini, CharityLigths tengah berusaha untuk menjadi penghubung  antara si pendonor (pemerintah atau lembaga), masyarakat, dan komunitas pengembang aplikasi untuk membantu mempromosikan program ini. Aplikasi PhiRUNtrophy ini, anda bisa download di Google Play dan Windows Phone Store.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut pengguna diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Kemudian, pengguna akan langsung dihadapkan di sebuah halaman utama yang memiliki tiga tombol navigasi di sisi kanan atas.

Untuk ikon orang yang sedang berlari, merupakan navigasi utama pengguna dalam berolahraga. Dan  tersedia hanya Yayasan Kanker Indonesia, Yayasan Bumi Sehat, Asgar Muda, dan Indonesian Future Leaders yang disertai profil singkat dari masing-masing yayasan.  Selanjutnya, setelah pengguna berolahraga pengguna akan diberikan tampilan record tentang total lama waktu berolahraga, jumlah langkah, jarak tempuh dan total donasi yang akan diberikan.

Setelah itu, kita dapat sharing impact lewat sosial media, seperti twitter, facebook, ataupun path. Impact merupakan jumlah donasi yang diperoleh si pengguna setelah aktivitas olahraganya dikonversikan ke dalam nominal rupiah.

Salah satu pengembang aplikasi, Gigih Rezki Septianto mengatakan,“Sejauh ini tanggapan yang kami dapatkan cukup baik dan sempat mendapatkan pendanaan dari Indonesian Young Changemakers Summit.” Diharapakan animo masyarakat tinggi dan manfaat yang lebih besar lagi akan  dirasakan, tentunya selain badan sehat sekaligus bisa beramal.