Teknopreneur.com – Masih bingung bagaimana cara menerbitkan buku yang nggak banyak syarat ini dan itu? Mau tahu solusinya? Yah, dia adalah Bitread, indept publishing untuk siapapun yang memiliki banyak tumpukkan karya tapi bingung bagaimana menerbitkannya.

Kali ini Bitread telah menyeleksi 10 naskah dari 449 naskah, dan telah diterbikan dalam bentuk digital book (eBook). Sabtu-Minggu (30-31/08) lalu, Bitread mendatang penulis naskah-naskah terbaik tersebut ke Jakarta untuk mendapatkan materi tentang penulisan dari Ahmad Fuadi (Buku 5 Menara) dan Ira Lathief (Penulis Normal is Borring).

Ada banyak ilmu yang dibagikan oleh kedua penulis ini. Fuadi berbagi pengalamannya bagaimana ia membuat banyak list judul untuk bukunya,  kemudian baru memilih yang paling sesuai.

Menurut Fuadi menulis bukan soal benar dan salah, tetapi membuat sebuah logika cerita yang bisa diterima oleh pembaca, ia juga mengatakan riset sangat penting untuk menguatkan cerita. “Bantu pembaca untuk melihat kejadian,” terangnya.

Menurut Ira Lathief menulis adalah berbagi, membagikan separuh jiwanya kepada dunia, jangan hanya berpikir tentang uang saja, karena menulis adalah pekerjaan tentang bagaimana seorang “Aku” dikenal oleh banyak orang melalui sebuah hasil karya.

Ia mengatakan jangan berkecil hati jika ada seseorang yang menghina tulisan kita, karena menulis juga menggunakan otak. Toh, tidak semua orang bisa mengutarakan apa yang dipikirannya ke dalam tulisan.

“Menulislah untuk berbagi, maka nama, dan uang pun akan mengikuti,” pesannya.