Teknopreneur.com – Pertumbuhan pasar smartphone di seluruh dunia pada 2014 semakin meningkat, dengan laju pertumbuhan hingga 25,3% dari tahun ke tahun. Berdasarkan data IDC, jumlah smartphone yang dikapalkan dan didistribusikan ke seluruh dunia pada kuartal 2 tahun 2014 telah mencapai angka 301,3juta unit atau tumbuh sekitar 5,2% dari kuartal pertama.

Pasar smartphone masih dikuasai oleh Samsung dengan total pengiriman global pada Q1 2014 mencapai 85juta unit, diikuti Apple dengan 43,7juta unit. Huawei kini berada di urutan ketiga sebagai vendor yang mengirimkan smartphone terbanyak dengan jumlah 13,7juta unit, meskipun masih jauh dari peringkat satu atau dua bukan tidak mungkin akan bisa disalip nantinya.

Sementara Lenovo dan LG berada di bawahnya dengan jumlah pengiriman yang beda tipis, Lenovo  12,9juta unit dan LG 12,3juta unit.  Hal tersebut menunjukkan, bahwa pasar smartphone dalam beberapa tahun ke depan masih akan terus meningkat dan sebaliknya feature phone juga basic phone akan menurun.

Sedangkan menurut data The Guardian pada tahun 2014 ini, Cina dan India akan menjadi negara dengan penjualan smartphone terbanyak di dunia. Diperkirakan kedua negara tersebut akan mencatat lebih dari 500 juta penjualan smartphone dan meraup lebih dari 400 juta pengguna baru.

The Guardian membuat pemeringkatan terhadap 10 negara dengan penjualan dan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Hal yang menjadikan menarik, Indonesia berada dalam urutan kelima dengan total penjualan 46juta unit dan 39,8juta pengguna baru.