Teknopreneur.com – Belum lama dikabarkan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia akan mendirikan pabrik di Indonesia. Dan kali ini, produsen ponsel pintar Himax berencana untuk membangun sebuah pabrik yang dapat memproduksi handphone hingga 100.000unit.

General Manager Himax, Agus Hadsoe mengatakan, “Kami perkirakan tiga tahun lagi pabrik sudah berdiri di Indonesia.” Hal tersebut, terkait peraturan pemerintah mengenai pengenenaan pajak barang mewah (PPnBM) yaitu tentang pengenaan pajak terhadap ponsel yang harganya di atas Rp5juta sebesar 20%.

Agus menambahkan, “Saat ini ada dua wilayah yang kemungkinan akan dijadikan lokasi pabrik kami ,yaitu Jakarta atau Tangerang.” Diperkirakan untuk pembangunan pabrik tersebut  memerlukan luas tanah sekitar 6 hektare, tetapi tidak diinformasikan berapa nilai investasinya.

Himax saat ini, sedang berkonsultasi dengan pemerintah mengenai pembukaan lahan, perijinan, dan lainnya demi membuka lahan pabriknya di indonesia. ia mengatakan,“Kami lebih siap apabila dibangun di Tangerang namun lihat perkembangan karena masih dalam proses Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Diperkirakan, Pembangunan pabrik tidak lebih dari dua tahun.”

Ini seharusnya menjadi peringatan bagi para produsen lokal untuk segera memperkaya inovasi dalam memproduksi ponsel lokal baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Jangan sampai pasar smartphone di Indonesia ini terus dikuasai produsen asing.

Hal tersebut, akan membuat kecanduan konsumen lokal terhadap produk asing sehingga dapat menganggu pertumbuhan industri ponsel Tanah Air. Kalau di negara sendiri saja ponsel buatan lokal tidak dihargai bagaimana mau masuk ke pasar regional atau bahkan pasar internasional nantinya.