Teknopreneur.com – Ada kemudahan baru bagi perusahaan media, lembaga pemerintahan, analis olahraga, dan analis benacana alam. Pasalnya kini telah haadir robot jurnalis yang dapat membuat berita mengenai kondisi; analisa olahrga, laporan bursa, hingga ke bencana alam.

Robot jurnalis ini berupa lunak atau sebuah aplikasi yang telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan dari Amerika Serikat, yakni Autmated Insights. Pengembang aplikasi yang menangani bidang jurnalisme robotik.

Scott Frederick, CEO Perusahaan Robotika mengatakan bahwa ada aspek yang dapat kita percayakan pada komputer. Terutama pada mesin ini agar bisa terlibat, karena akan ada analisa volume data sangat besar. Sehingga butuh komputer agar bisa mengerjakan secara konsisten. Kalau berbicara kepercayaan, kita perlu analisa tanpa kesalahan.

Perusahaan Automated Insights memakai data statistic dan code special, kemudian mengubahnya menjadi sebuah laporan. Komputer ini dapat membuat artikel hingga 2000 artikel per detik, efisien dan murah.

Jim Harper, dari CATO Foundation berpendapat bahwa jurnalisme robot akan menjadi isu penting karena semua media harus berhemat anggaran. Karena mereka akan menggunakan data untuk membuat laporan secara otomatis. Namun jurnalis manusia tetap tak tergantikan. Mengingat kekurangan dari robot jurnalis hanya sebatas menulis berita pokok, namun tidak dapat menuliskan berita yang menghibur, mendidik, atau pun tidak memiliki nilai emosi.