Teknopreneur.com – Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief menyatakan,“Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan sebagai upaya dalam memberikan kenyamanan kepada para pengunjung yang akan datang pada acara akbar ini.”

Dengan begitu, Kemenkoninfo menunjuk Telkomsel sebagai operator yang akan menyediakan jaringan selular dalam acara sail raja ampat yang akan dihadiri oleh Presiden SBY. Pelanggan telkomsel yang berada di kawasan Raja Ampat berjumlah lebih dari 200ribu pelanggan. Sementara untuk pengunjung yang akan hadir dalam acara sail raja ampat diperkirakan mencapai 5.000orang.

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik yang mungkin akan terjadi pada acara tersebut, telkomsel mengaku telah menambah 11 BTS lagi di pantai WTC Waisai. Saat ini, Telkomsel telah memiliki 19 BTS (10 BTS 3G dan 9 BTS 2G) yang tersedia untuk seluruh kawasan Raja Ampat.

Sedangkan untuk layanan data, Telkomsel telah menempatkan 6 titik mobile combat demi memperlancar akses internet para pengguna dengan kecepatan hingga 5 Mbps. Selain di pantai WTC, Telkomsel juga menempatkan 4 Mobile Combat pada jalur VIP, seperti Pelabuhan Waisai, Mansuar, yang akan dilalui presiden dan tamu negara, serta para wisatawan.

Perlu diketahui, Raja Ampat merupakan salah satu wilayah  Branch Sorong, juga beberapa daerah lain yang menjadi wilayah  Branch Sorong adalah Fakfak, Biak, Serui, Wondama, Manokwari dan Bintuni. Di daerah-daerah tersebut Telkomsel telah melayani lebih dari 900 ribu pelanggan dengan didukung lebih dari 400 BTS yang tersebar diseluruh daerah hingga ke pelosok kampung.