Teknopreneur.com –  Dulu tak semua orang bisa menerbitkan buku namun kini lewat sebuah gerakan menerbitkan buku secara swadaya (self publishing) bernama Bitread, semua orang bisa menerbitkan bukunya. Selain sebagai penerbit yang pro terhadap tumbuhnya kualitas dan kuantitas literasi di Indonesia, BITREAD juga mengelola distribusi buku-buku terbitan penulis dengan menyediakan platform serta jaringan toko buku digital. Sehingga siapapun penulisnya akan menjadi lebih mudah menerbitkan bukunya dan terhubung langsung dengan segmen pembacanya.

BITREAD tidak sendirian, ia tergabung dalam sebuah ekosistem toko buku digital dan penerbit-penerbit yang mau menerbitkan bukunya secara digital. Ekosistem ini bernama BUQU. Keduanya (Bitread maupun BUQU), bisa ditemukan di platform Android (melalui google apps store, lalu cari dengan kata kunci BUQU atau Bitread).

Sebagai langkah awal, BITREAD membuka kesempatan seluas-luasnya bagi penulis atau siapapun yang memiliki naskah dan ingin diterbitkan bukunya melalui lomba “Terbitkan Bukumu”. Dari seluruh naskah yang masuk, semuanya akan diterbitkan.

Lomba “Terbitkan bukumu” dimulai dengan penerimaan naskah sejak bulan Februari sampai tanggal 7 Mei 2014. Naskah yang diterima oleh BITREAD sebanyak 449 Naskah. Seluruh naskah yang masuk selanjutnya masuk pada tahap screening. Dan dipilih 50 naskah yang berhak mendapatkan reward spesial dari BITREAD dengan tampil di halaman utama platform BITREAD.

Kompetisi selanjutnya, 50 buku pilihan akan bersaing menjadi 10 buku terpopuler yang dilihat berdasarkan banyaknya vote pembaca. Kompetisi ini berlangsung selama satu bulan sejak diumumkannya 50 buku. Pengumuman 10 penulis Terpopuler pada tanggal 13 Agustus 2014. Sebagai award,  10 penulis terpopuler akan diundang dalam workshop penulisan “BITREAD Writers camp” yang akan dilaksanakan di DKI Jakarta.

Pelaksanaan workshop “BITREAD Writers Camp”

Hari                       : Sabtu dan Minggu

Tanggal                  : 30-31 Agustus 2014

Tempat                  : DKI Jakarta

Workshop Penulis ini bertema “BITREAD Writers Camp” dengan  tujuan workshop adalah mengembalikan semangat penulis dalam menulis dan menerbitkan buku. Dan menambah ilmu pengetahuan penulis dalam meningkatkan menulis buku bersama pembicara yang juga seorang penulis yaitu Ahmad Fuadi (penulis buku Fiksi Negeri 5 Menara) dan Ira Lathief (penulis buku Non Fiksi Normal Is Boring.

 

Hari pertama Workshop Pelatihan Penulisan adalah pembukaan sekaligus perkenalan BITREAD. Selanjutnya acara akan di isi oleh penulis Profesional yang terbagi menjadi penulis Fiksi Ahmad Fuadi (Penulis Buku Negeri 5 menara) dan Penulis Non Fiksi Ira Latief (Penulis Normal Is Boring). Malam harinya acara Puncak yaitu ramah taman antara tim BITREAD bersama 10 penulis terpopuler. Lanjut ke Hari ke Dua, acara penutup.