Teknopreneur.com – Jingga Media organisasi pengembangan media komunitas bantu pengembangan desa di Kabupaten Cirebon dengan memfasilitasi pembuatan website desa. Program yang digalakan yakni “SINTREN DESA” Situs internet untuk pengembangan desa, yang diawali dengan kegiatan lokal melatih sumber daya manusia di 10 Desa yang berada di Kabupaten Cirebon pada Sabtu kemarin (23/8).

Beberapa narasumber yang tergabung dalam kegiatan tersebut yakni Didi Sardi aparat pemerintahan desa Tenjolayar kecamatan Cigasong Majalengka, seorang admin dari website tenjolayar.desamembangun.or.id, yang sudah lebih awal difasilitasi oleh Jingga Media. Dalam sesi tersebut, Didi Sardi menjelaskan tentang perjalanan pengelolaan dan manfaat yang dirasakan setelah adanya website desa. Salah satu potensi pertanian berupa jamur merang, pernah mendapatkan respon dari Singapura setelah informasi tersebut di posting dalam website desa tenjolayar. Warga singapura tersebut langsung menghubungi kepada petani jamur dan tertarik untuk belajar dari Desa Tenjolayar.

Sementara itu acara tersebut juga turut dihadiri oleh Dudi Suryadarma dari Diskominfo Kabupaten Cirebon. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya siap bekerjasama dengan Jingga Media dalam memfasilitasi pembuatan website desa. Direncanakan, dalam minggu ini sudah ada sekitar 10 Website Desa perintis Gerakan Sintren Desa yang sudah selesai dibuat dan akan dilakukan pelatihan lanjutan.

Perwakilan Kepala Desa (Kuwu) yang hadir turut mengapresiasi gerakan jingga media ini, karena peran dan manfaat dari adanya website desa ini sangat menunjang untuk perkembangan desa. Kepala Desa Mertapada Kulon Ahmad Jaelani mengaku sangat siap untuk mendorong desanya bisa mengelola sistem informasi berbentuk website. Begitu juga Edi Suhaedi, Kepala Desa Buntet ini sudah siap untuk menjadi tuan rumah pelatihan selanjutnya. Edi mengaku Kantor Desanya sudah dipasang Wifi untuk menunjang gerakan Sintren Desa ini.

Ahmad Rofahan Direktur Program Jingga Media mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk bisa membantu perkembangan desa melalui media internet. Sebelumnya, Jingga Media juga sudah memfasilitasi sekitar 50 website desa di Majalengka bekerjasama dengan Gerakan Desa Membangun dan Relawan TIK Majalengka. Manfaat yang sudah dirasakan dari adanya website ini cukup besar dirasakan oleh desa-desa yang dimilikinya. Selain informasi yang ada di desa bisa dipublikasikan. Website ini juga bisa untuk mengenalkan potensi yang ada di desa, yang sebelumnya masih jarang diketahui oleh masyarakat luar.