Teknopreneur.com – Para peneliti asal Australia Dr Punzmann dan Prof Shats menemukan sebuah alat untuk membersihkan sampah berikut dengan limbah yang ada di permukaan air dengan menggunakan Tracktor Beam.

Mereka mendemonstrasikan alat tersebut yang dapat mengendalikan beberapa objek benda terapung ke dalam lokasi tertentu dengan menggunakan gerakan gelombang yang telah diatur. Temuan tersebut mereka terbitkan ke dalam sebuah jurnal Nature Physics pada beberapa hari yang lalu. Alat tersebut juga diklaim akan mampu membantu membersihkan limbah minyak yang tumpah di lautan dan berikut dengan sampah-sampah yang lainnya.

Seperti yang dilansir dari BBC News, Dr Punzmann Horst dari Universitas Australia menjelaskan alat tersebut bekerja dengan menciptakan sebuah pola gelombang di permukaan air dan menggiring benda yang mengambang untuk bergerak melawan arah gelombang. Sehingga dengan sendirinya objek benda yang dimaksud dapat dikumpulkan dalam lokasi yang telah ditentukan.

Para peneliti tersebut meyakini bahwa penemuan mereka dapat diterapkan di perairan terbuka. Prof Shats mengungkapkan bahwa alat tersebut cukup potensial untuk diterapkan dalam berbagai aplikatif lainnya. Seperti mengumpulkan benda-benda terapung, merekayasa penempatan parkir perahu-perahu kecil, atau mungkin mengumpulkan tumpahan minyak yang berserakan.