Teknopreneur.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring mengatakan,“Dampak pembangunan ekonomi dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin luas hingga 69 tahun perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Tifatul saat menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI di halaman Gedung Kementerian Kominfo Jakarta Pusat. Kemudian Tifatul menyampaikan,”Efek pembangunan ekonomi dari ICT dan transportasi memberikan share sampai 13 %.”

Tifatul beranggapan, angka tersebut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan atau sekitar dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam kesempatan yang sama, Tifatul menegaskan,“pertumbuhan broadband ekonomi jangan sampai merusak kultur dan jati diri masyarakat di Tanah Air.”

Ia juga mengatakan, secara umum kondisi ekonomi Indonesia saat ini sudah masuk dalam 10 besar ekonomi dunia.hal tersbut menimbulkan sebuah pertanyaan, akankah terjadi pemerataan yang pemerintah berikan terhadap warga masyarakat Indonesia.

Hal itulah yang menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh pemangku kepentingan di Indonesia khususnya pemerintahan yang baru. Seharusnya, pemerintah benar-benar memperhatikan kebijakan dengan memperhatikan aspek adil dan merata.

Dengan adanya hal tersebut, diharapakan pertumbuhan broadband indoneisia akan mengalami peningkatan. Pertumbuhan broadband akan meningkatkan kemampuan konektivitas Indonesia yang ,artinya jumlah orang yang terhubung dengan internet semakin bertambah.

Berdasarkan Riset APJI 2012, ada sekitar 63 juta orang yang sudah terkoneksi dengan internet. segmen muda mendominasi, dengan jumlah sekitar 60% dari seluruh jumlah pengguna Internet. Segmen riset tersebut diperoleh dari lingkungan yang sudah serba terkomputerisasi, terbiasa dengan informasi dan data digital serta saling terkoneksi dalam sebuah sistem atau jaringan.

Survei APJII juga menunjukkan, 65% pengguna Internet Indonesia lebih sering terkoneksi melalui ponsel. Peningkatan akses via mobile disebabkan semakin banyaknya ponsel pintar yang beredar di pasaran dengan harga yang terjangkau dan biaya paket data internet yang makin murah.