Teknopreneur.com – Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng, Edi Joko Kiswanto mengatakan, “Saat ini penjualan mulai normal meskipun kalau dibandingkan dengan tahun lalu untuk penjualan tahun ini tidak terlalu menggembirakan.”

Pada bulan juni dan juli lalu penjualan komputer /PC desktop mengalami penurunan drastis sekitar 60%. Ia menjelaskan faktor yang menyebabkan penjualan komputer mengalami penurunan adalah semakin bayanknya smartphone canggih dan murah yang beredar di pasaran.

Trend tersebut yang membuat para konsumen beralih dari produk yang lebih fleksibel. Para konsumen ponsel pintar yang kebanyakan anak muda, sepertinya lebih mengutamakan trend ketimbang kegunaannya.

“Meskipun penjualan sempat menurun, kami melihat saat ini penjualan berangsur membaik dan harapannya akan terus terjadi hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Mungkin ada hubungannya dengan pameran komputer yang diadakan di Solo mulai dari 9-13 Agustus kemarin. Acara yang berlangsung selama lima hari tersebut, mengusung tema “Membangun Negeri Dengan Teknologi.”

Pameran yang menghadirkan berbagai macam jenis komputer dan perangkat pelengkap diisi oleh 29 vendor, yang 19 diantaranya merupakan vendor utama, terkecuali Sony Vaio. Acara tersebut berhasil menyedot simpatik warga daerah solo dan luar daerah dengan jumlah 50.000 pengunjung.

Ketika disinggung soal target penjualan,  Ketua Panitia Apkomindo Solo Computer Bazar 2014, Ginanjar Setiawan mengatakan, “Biasanya kalau target, per toko dan per vendor beda-beda. Saya rasa kalau pengunjungnya 50.000 ke atas, targetnya sudah otomatis melebihi. Kami yakin, targetnya sudah tertutup semenjak pameran baru memasuki hari ketiga dan keempat.”