Teknopreneur.com – Belakangan ini para vendor penyedia perangkat tampaknya mulai tertarik untuk memasuki pasar bisnis wearable. Dapat diketahui bahwa semakin banyaknya produk wearable yang beredar dipasaran seperti Google Glass ataupun Smart Watch.

Akan tetapi, produk buatan Intel ini sedikit berbeda. Dikarenakan ini bukan merupakan alat yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik (earphone). Namun, ini bukan earphone yang sama seperti kebanyakan alat pendengar musik yang lainnya.

Alat tersebut memiliki kemampuan lebih, yaitu untuk mendeteksi detak jantung dengan bantuan aplikasi yang terpasang pada smartphone. Produsen chip tersebut dalam mengembangkan earphone pintarnya, mengaku telah bekerja sama dengan SMS Audio (perusahaan headphone) milik seorang raper asal USA, 50 cent.

Dari kolaborasi tersebut terciptalah sebuah alat yang dapat memberikan manfaat lebih dan diberi nama “BioSport in EarPhone.” Sesuai dengan namanya, alat tersebut ditujukan bagi orang gemar berolahraga sambil mendengarkan lagu.

Jika tadinya hanya untuk mendegarkan lagu, tapi kali ini orang dapat memeriksa kondisi detakan jantungnya saat berolahraga. General Manager New Devices Group Intel, Michael Bell mengatakan “Intel akan memproduksi earphone yang membuat nyaman karena ada tambahan aksesori fitness yang terintegrasi, seperti yang dikutip dari laporan The Guardian.”

Michael Bell mengaku optimis, karena dengan hadirnya produk ini dapat dikatakan sebagai langkah awal intel dalam memasuki pasar perangkat wearable. “Kami percaya teknologi wearable merupakan pasar yang besar,” ujarnya.

Intel mengatakan produk tersebut akan dipasarkan pada januari mendatang. Sedangkan mengenai harga, belum ada bocoran berapa alat tersebut bakal dijual nantinya.