Teknopreneur.com – Jika dulu internet hanya menjadi alat untuk mencari hiburan kini internet sudah berubah fungsi menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Hasil survei menunjukkan pertumbuhan penggunaan Internet di Indonesia terus meningkat.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat bahwa penetrasi internet di wilayah urban di Indonesia di tahun 2012 mencapai 24,23%. Bisa disimpulkan bahwa angka ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Indonesia yangmencapai 260 juta jiwa. Apalagi jika dibandingkan dengan negara sekitar di Asia tenggara penetrasi di Indonesia cukup tinggi.

Namun sayang tingginya penetrasi di Indonesia baru dilayani oleh 200 internet serviceprovider. Dan penyebarannya pun tak merata mayoritas ada di ibu kota dan kota besar lainnya di Pulau Jawa. Untuk lebih menunjang penetrasi internet, Indonesia yang diwakili oleh PT Datacript melakukan kerjasama dengan  PT Huawei Tech Investment untuk menjadi authorized distributor produk-produk Huawei di Indonesia.

Kerjasama kedua perusahaan ini tertera dalam Memorandum of Understanding yang dilakukan oleh Irwan Kamdani – President Director PT Datascrip dan Nick Lee – Head of Consumer Business Group Huawei. Sehingga perusahaan asal China ini bisa  memenuhi kebutuhan mengakses internet di Indonesia.

Adapun perangkat untuk meningkatkan penetrasi internet di Indonesia yang diluncurkan oleh salah satu perusahaan besar penyedia jaringan dan perangkat telekomunikasi di Indonesia melakukan peluncuran perangkat nirkabel nirkabel Wi-Fi dengan inovasi baru, yakni mobile Wi-Fi Huawei E5336, wireless dongle Huawei E8231, 3G dongle Huawei E3531 & ultra slim dongle Huawei E3533, Wi-Fi extender Huawei WS 331C, router Huawei WS 319, serta satu seri Bluetooth speaker Huawei AM10.