Teknopreneur.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia, pada Juni 2014 mencapai 851,5ribu kunjungan atau naik sekitar 7,84%. Angka tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan jumlah kunjungan wisman Juni 2013 lalu, sebanyak 789,6 ribu kunjungan saja.

Kepala BPS, Suryamin menyatakan,β€œBegitu pula bila dibandingkan dengan Mei 2014, jumlah kunjungan wisman pada Juni 2014 mengalami kenaikan sebesar 13,17%.” Hingga Semester I 2014, jumlah wisman ke Indonesia mencapai 4,55juta kunjungan, atau  naik sekitar 9,56% dibandingkan jumlah kunjungan wisman di tahun 2013 pada periode sama, yang jumlahnya 4,15juta.

Dengan laju pertumbuhan tersebut, maka tingkat penghunian kamar hotel berbintang di 27 provinsi  memiliki rata-rata 55,40% meningkat 2,68 poin dari Mei 2014. Artinya dapat dipastikan pendapatan dari bisnis pariwisata sangatlah menjanjikan apalagi Indonesia di mata dunia sudah terkenal memiliki destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Potensi bisnis pariwisata ini juga sekaligus menjadi landasan untuk membuat sebuah platform dalam dunia pariwisata yang disebut sebagai e-tourism. Dengan adanya platform yang mengacu pada dunia digital yang berbasiskan pemanfaatan teknologi informasi, kita akan memperoleh market yang lebih luas lagi, mulai dari negara tetangga bahkan sampai ke mancanegara.

Platform tersebut bisa berupa aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone bisa dengan OS Android, iOS maupun Windows Phone. Hal tersebut ditujukan untuk mempermudah para calon wisatawan asing maupun lokal dalam memperoleh informasi mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Semuanya dilakukan secara online, mulai dari estimasi biaya, tiket perjalanan (Darat, laut, dan Udara),  sampai booking tempat penginapan.

Banyuwangi menjadi contoh daerah yang telah menggunakan aplikasi e-tourism sebagai alat pemandu wisata para wisman yang ingin berkunjung ke daerahnya. Dan masih banyak lagi lokasi wisata Indonesia yang dapat menarik para wisman lokal maupun mancanegara, tentunya dibarengi dengan pelayanan dan fasilitas yang memadai.